Fenomena Kemunculan Istilah-istilah Baru Di Indonesia

Orang Indonesia itu emang semuanya pada kreatif. Mereka mampu merubah sesuatu yang awalnya biasa-biasa saja berubah menjadi suatu hal yang luar biasa. Salah satu bentuk kreatifnya itu, dalam hal membuat sebuah “istilah”.

Entah ada faktor kebetulan atau justru emang ada unsur magic-nya, setiap kali ada istilah yang baru, bisa dipastikan istilah-istilah tersebut pasti bakal dengan cepat ngebooming, bahkan bukan sekedar ngebooming biasa, tapi ngebooming bangeeeeets. Ya, maksimal jadi trending topic di negara sendiri atau bahkan mencapai mancanegara, salut deh gue!

Dan gue perhatikan, belakangan ini sering banget terjadi yang namanya fenomena kemunculan istilah baru di Indonesia, seringnya itu udah kayak ngeliat iklan sosis di televisi aja...

Fenomena Kemunculan Istilah-istilah Baru Di Indonesia

Pengen tahu bagaimana bentuk fenomenanya ? klik lanjut dong bro \\(^o^\\)

FYI, proses terciptanya istilah-istilah baru ini juga kebanyakan terjadi secara tidak langsung. Sehingga gak jarang istilah-istilah tersebut hasil dari sebuah kontroversi (baca : dibuat-buat), atau bahkan emang tercipta karena tanpa ada unsur rekayasanya sedikit pun, ya… bisa di bilang terjadi secara natural getoooo.

Di pikir-pikir aneh juga ya, kok bisa tercipta istilah kayak gitu ya. Bisa jadi awalnya itu hanya sekedar “celetukan” biasa yang gak ada maksud apa-apa, namun ujung-ujungnya malah berubah menjadi suatu istilah yang super “wah” dan bernilai jual.

Jadi wajar aja, gak jarang terciptanya istilah tesebut, bisa berasal dari masyarakat biasa, atau bahkan public figure (selebritas) sekalipun.

Emang efeknya apaan sih, Nyol?
Kalo, dibilang efek, ya tentu banyak banget bro, nih gue kasih tahu ya…

Bagi dia yang katakanlah masyarakat biasa, mungkin dia akan mendulang popularitas (terkenal) dengan sangat cepat (baca : selebritis dadakan) dan sebaliknya bagi dia yang emang selebritis, tentu otomatis istilah itu akan makin menguatkan image pada dirinya

Gue rasa kalo pun efeknya seperti itu, ya pantas-pantas aja sih, lagian juga itu kan hasil dari usaha mereka sendiri, iya nggak?  namun jangan sampai aja, demi meraih suatu ketenaran yang lebih dan lebih, maka harus menghalalkan segala macem cara. Nah, baru deh itu dosa… maka kembali gue akan bilang PBSK...
Papa Benci Sama Kamu _| (~,~) |_

Eh, Nyol… Apakah itu fair ?
Nah, itu kembali kepada presepsi masing-masing aja bro. Mau di bilang bagus ya syukur, mau di bilang jelek ya jangan deh. Takutnya itu, entar cuma gara-gara fenomena yang gak penting-penting banget ini, eh… malah menjadi suatu omongan, omongan yang buruk lagi. Kalo udah kayak begini, kesannya jadi gak enak. Ya, terpaksa deh gue mesti bilang PBSK… Papa Benci Sama Kamu!

Biar makin gak penasaran, nih gue kasih deretan istilah-istilah baru yang belakangan ini ngebooming banget di Indonesia versi Sikonyols Blog, istilah-istilah tersebut antara lain :

1. Jablay

Istilah ini dulu jarang banget muncul, bisa jadi belom banyak yang tahu, namun belakangan ini makin banyak aja yang tahu dengan istilah “jablay”, itu juga gak lepas setelah adanya film “Mendadak Dangdut” yang diperankan Titi Kamal sekitar tahun 2009 plus dengan soundtrack lagunya "Jablay", alhasil istilah ini makin lama makin ngebooming, dan makin familiar aja di telinga.

2. Alay

Nah, istilah yang satu ini, jujur gue gak tahu dari mana asalnya, tapi yang pasti gue prediksi ini istilah bakalan “ABADI” sampe batas waktu yang gak ditentukan, ya… habisnya, stok anak alay tiap tahun selalu meningkat, ehmm…

3. PHP (Pemberi Harapan Palsu)

Istilah yang ketiga ini, kayaknya sudah cukup lama ada, namun agak jarang aja di tampilkan ke permukaan. Nah, PHP ini adalah istilah bagi orang yang suka memberikan sebuah harapan palsu. Bagaimana maksudnya ? Ya, silahkan artikan sendiri ya masbro, mbakgirl…

4. Sesuatu

Siapa yang gak tahu dengan istilah “sesuatu” ? tentu banyak orang sudah kenal istilah ini. “Sesuatu” selalu di identikan kepada sosok selebritis, Syahrini. Mengapa demikian ? ya, silahkan cari tahu sendiri yow, hehe…

5. Lo Gue End

Setiap orang dari sabang sampai merauke, gue jamin pasti sudah tahu dengan istilah “Lo Gue End”. What ! gak tahu ? astaga… yang gak tahu mending buru-buru ke toilet deh, trus bersihin tuh toilet *ngupil pake deodoran*

Istilah yang notabenenya, cukup identik dengan anak alay, eh… justru di bawakan kembali oleh para Wayang OVJ dengan kemasan yang super berbeda. Hasilnya kata “Lo Gue End” selalu bisa menjadi sebuah bahan lelucon yang ringan, namun menggelitik level Galau Show X-Factor.

6. Galau dan Kepo

Untuk cerita awal kemunculan kedua istilah ini, jujur gue gak tahu kapan pastinya. Cuma sepengetahuan gue, fenomena munculnya istilah galau dan kepo itu dari jejaring sosial, twitter. 


Iya, di sanalah kedua istilah ini berhasil terhendus oleh banyak orang, dan akhirnya ngebooming juga deh. Prediksi gue akan istilah galau dan kepo yaitu kedua istilah ini bakal bertahan cukup lama, karena nyampe detik sekarang pun, gue masih sering nemu ada orang yang bilang…

“Aku lagi galau nih…”

“Ih, kamu kepo ya…”

Dari itu aja, membuktikan betapa boomingnya kedua istilah ini. Setuju ?

Nah, yang terakhir ini, masih hot-hotnya brow, kalo di pegang pake tangan pasti pantat yang gosong.


Lah kok nggak nyambung, Nyols?

iya emang disengaja…

Istilah yang dimaksud adalah…

7. Demi Tuhan (harokat panjang)

Belakangan di Indonesia, baik dunia nyata, maupun dunia maya, sangat gempar di hebohkan oleh sosok manusia bernama Arya Wiguna. Dia gak berwarna hijau kayak hulk, gak juga peseng sepesek sule, tapi dia manusia biasa dengan keberuntungan yang super.

Arya Wiguna Demi Tuhan

Demi... Hutaaaaaaaaang !

Arya Wiguna menjadi buah bibir, sehubungan dengan kehebohan yang dibuatnya beberapa waktu yang lalu. Kehebohan itu, dikarenakan ekspresi dia, saat mengucapkan kata “Demi Tuhan” dalam sebuah press conference. Gak lama dari kejadian itu, istilah “Demi Tuhan” pun begitu membooming nyampe sekarang.

Well, itulah beberapa istilah baru yang berhasil gue rangkum, ceeeileh bahasa gue hehe…

Pokoknya masih banyak lagi sob istilah-istilah yang baru bermunculan di Indonesia, prediksi gue sih, untuk tahun yang akan datang, bakalan makin buaaaaaaaanyak istilah baru yang akan bermunculan. Percaya deh!
Okay, kalo kalian punya referensi lain, boleh tuh di komeng di bawah \\(^,^)//

Dan terakhir, gue cuma mau bilang, inilah yang namanya hidup, selalu tak terduga, selalu ada unsur “nyeleneh” nya kayak bermunculan istilah-istilah ini. Bayangkan kalo gak ada hal yang seperti ini, wah… dijamin gak ada asyiknya juga ini hidup *kedip-kedip mata*

Pesan moral :
Jangan suka bilang PBSK mending OBSK aja, Onyol Bangga Sama Kamu, ciat…ciat…ciat !!

Subscribe to receive free email updates:

86 Responses to "Fenomena Kemunculan Istilah-istilah Baru Di Indonesia"

  1. Satu lagi mas Prikitewwww adalah celetukannya Mas Sule yang langsung boommmiiiing bangettttzzzz dikalangan anak muda.

    Heheheeeeee

    Salam prikiteww dari Jember ya

    BalasHapus
  2. gak kerasa istilah-istilah kayak gitu udah menghantui kehidupan gue sejak lama dan sekarang nambah lagi. mungkin akan terus bertambah seiring berjalannya waktu hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ambil segi positifnya aja sama pakelah seperlunya istilah-istilah itu yaya yaya :P

      Hapus
  3. Awalnya gue ketawa liat Demi Tuhannya si Arya, gue salut sama yang ngedit tuh video sampe sampe bikin Arya terkenal. Tapi makin lama si Arya bikin dia minta dirantang, udah banyak job, tingkahnya makin jadi. Udah jauh dari awalan niat dia. Gak jauh beda sama si Subur dah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. stuju, awalnya aja gue ngakak banget ngeliat ekspresi dia yang begitu, tapi makin ke ujung sekarang lucu gak ada, enek iya... jleeeeb...

      Hapus
    2. orang indonesia kreatif, sampai2 dibikin lagu tuh demi tuhann...wkwkwkw

      Hapus
    3. Sampai sekarang itu kasusnya gimana sih ? Jadi yang salah siapa ? Subur atau Arya ? Perasaan Arya juga sama aja kayak gurunya.

      Hapus
  4. Eh, ralat! Film Titi Kamal itu judulnya "Mendadak Dangdut". Nah, soundtrack filmnya baru lagu "Jablay".
    Kalo istilah "Lo, Gue, End" itu awalnya jargon Wendi Cagur waktu sering jadi bintang tamu di OVJ.
    CMIIW.

    BalasHapus
  5. Setuju sama yang di atas gw..
    Jablay itu salah satu soundtrack dan penyebutan karakter yang ada di filmnya sob :D

    Kalo judul filmnya sendiri MENDADAK DANGDUT soalnya gw juga nyimpen OST dari filmnya itu :)

    CMIIW

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, iya.... udah dibeneri sob, udah...udah *manyun unyu*

      Hapus
  6. hihihi.... bagaimana kalau cetar membahana? hehehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh... kelupaan gue, iya itu termasuk

      makasih ya mbak :D

      Hapus
  7. Wahh/// gaul banget deh sob !!

    BalasHapus
  8. Menurut saya, istilah baru tak masalah. :)
    Asal ga ngerusak tulisan aja.. hahaha...

    #ShockLiatTulisanAlay

    BalasHapus
  9. aku paling sering bingung dengan istilah PHP.
    PHP = Pemberi Harapan Palsu .
    nah kebanyakan orang2 yg nilai UN bahasa Indonesianya rendah selalu mengatakan , " aku di PHP-in ", atau "gak enak banget di PHP-in...

    coba kita cerna kata2 itu, PHP-in = Pemberi Harapan Palsu in

    aneh kan?? hhahaa...

    kalau istilah galau itu memang sudah ada, hanya baru booming aja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya, tata bahasanya gak etis banget :D
      bener-bener

      Hapus
    2. @Fian : haha... nikmatin aja ke aneh yang ada ya :p

      @abdul : betul...betul... seakan hanya mereka yang paham bahasa mereka :D

      Hapus
  10. Ciyus miapa itu termasuk alay kan ya? :D

    BalasHapus
  11. hahaha kampret lah pengalaman banget lau heuheu.. nanti ada lagi "Gantung di monas" *iki opo -___-

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu masih HOAX bro, habisnya nyampe sekarang hilang berita itu hmm :(

      Hapus
    2. makannya sering2 ingetin orang sekitar sama istilah itu bahahah..

      Hapus
  12. MASALAH BUAT LO?????

    jengkel banget kalo gue digituin, pengen gue tonjok tapi takut anak orang :D bener gak sih?

    BalasHapus
  13. Kalo favorit aku sih PHP, galau, dan kepo. :'>
    *aku bukan alay*

    BalasHapus
  14. kalau ngomongin istilah gak lepas dari masalah bahasa sob.. jujur indonesia itu sendiri negara paling gak konsisten dengan bahasa nya sendiri. terutama di kawasan bahasa melayu.. cuma pendapat ane si hehehee ^^ apapun itu tetep i ♥ indonesia

    BalasHapus
  15. yg masih aku bingung sampai sekarang itu kepo itu singkatan dari apa? ._.
    btw keren nih post-an nya :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, gue juga masih gak tahu... belom pasti maknanya ;D

      Hapus
    2. @Suci : KEPO itu kepanjangan dari Knowing Everything Particular Objects *kalo ga salah sih* hehe :D



      Hapus
    3. iya, apa yang @niken bilang itu bener :D

      Hapus
  16. ada ide kata fenomenal baru? itulah INDONESIA, KEREN!

    BalasHapus
  17. hahaha keren ya orang Indonesia. bisa bikin kata-kata kayak gitu. kreatif :)

    BalasHapus
  18. ciusan indonesia banget XD

    BalasHapus
  19. DEMU HUTANG!!!!!!!!!!--tepuk pantat--

    BalasHapus
  20. nambah istilah juga nih: Kamsuupay~ Haha

    BalasHapus
  21. Dan ejaan tempo dulu juga jadi hit lagi, tapi cuma huruf "c" nya doang, kayak, 'tjackep, ketje, dll'

    BalasHapus
  22. Demi tuhan... cius miapah? hahah
    yang ke 7 awalnya dulu lucu tapi sekarang jadi muak ya liat ke lakuan si aktor tuh hahaha

    BalasHapus
  23. jujur gue paling gak suka yg terakhir, bawa2 nama tuhan

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. hahahah adek gue bang. dulu pas dia lahir kan jamanya titi kamal nyanyi lagi jablay tuh. nah jadi dia di panggil jablay sampe sekarang. bahkan keluarga2 gak ada yang tau siapa nama aslinya, ngenes gakk -__-

    BalasHapus
  26. Hhaha... Indonesia kreatif klo bikin kata2 baru, sampe2 temen bule gue aja penasaran dan ikut2an ngomong. Tapi, suaranya aneh. Kagag kayak lidah2 orang Indonesia. Gggggrrrrhhh...

    Oh ya, PHP itu nggak hanya "Pemberi Harapan Palsu" (PHP1), tapi juga bisa. "Penikmati Harapan Palsu" (PHP2).

    Salam blogging!! P'tma kali maen ini, maen2 ke blo gue juga ya Kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waw, siapa temen bule lo itu ? kenalin dong wkwk

      meluncur....

      Hapus
  27. sumpah Nyol., saya gak kuat dengan pointer di blog ini..
    *kunjungan pertam*

    DEMIIIII TUGASSS!!!

    BalasHapus
  28. istilah-istilah itu pasti bakal terus bertambah populasinya.. -__- .

    BalasHapus
  29. wah, akhirnya lumayan wawasan bisa nambah... trims

    BalasHapus
  30. sekarang ada lagi gan "typo" artinya salah ketik hehe

    BalasHapus
  31. euy, cihuy, di kasih tau gak? ah mumet

    BalasHapus
    Balasan
    1. terserah kamu deh, gue tetep masih ganteng juga :>

      Hapus
  32. update mas,, sekarang ada lagi kata kata fenomenanisasi yg lagi bermunculan di indonesia..
    hehehe sisasi

    BalasHapus
  33. yang paling keren menurut ane tetep sule gan....

    visit my blog ya gan.... http://i66m.blogspot.com/2013/12/program-program-tv-tahun-2013-di.html

    BalasHapus
  34. biasa aja keles. :D ahaha

    http://goo.gl/b1Ulvi

    BalasHapus
  35. Thanks ya infonya, btw gue juga suka dengan tulisan ente yang selalu menarik

    BalasHapus

Terima kasih sudah mau mampir dan juga membaca postingan di blog ini. Daripada jadi silent reader, mending langsung beri komentar aja. Tenang, nggak perlu promosi link kok, nanti bakalan dapet feedbacknya sendiri, percaya deh.

Satu komentar akan membuat yang punya blog makin bergairah ngeblog lho
\(‾▿‾\)\(´▽`)/ (/‾▿‾)/

"Berkomentarlah sepuasnya, sebelum berkomentar dilarang" ~@sikonyols